Cơ chế phí Babel - Phần 3

Cơ chế phí Babel – Phần 3

Dalam artikel “Mekanisme Fee Babel – Bagian 2” kami mempelajari tentang proses kerja mekanisme fee Babel.

Pada contoh di bagian 2, seperti yang kita ketahui pada intinya, transaksi antara Alice dan Bob tidak sah untuk dimasukkan ke dalam buku besar karena ada hutang yang belum terselesaikan. Transaksi ini akan menjadi sah selama seseorang mengurus hutang (-5 ADA | 5 GameCoin). Dan dalam hal ini kita beruntung dengan kedatangan Calvin.

Namun, Calvin tampaknya tidak selalu menangani utang tersebut. Karena ada begitu banyak faktor yang terlibat di sini. Apakah nilai tukar antara ADA dan token lain dalam hutang itu benar-benar menarik bagi pengguna lain untuk menerima hutang dan memprosesnya dalam satu transaksi. Seperti yang Anda lihat pada contoh di atas, penerima pelunasan hutang harus membayar 2 kali lipat biaya dan pada dasarnya mereka menerima pelunasan hutang karena ingin mendapatkan keuntungan. Jika tawaran tidak benar-benar menarik, tidak akan ada Calvin, dan kesepakatan tidak akan selesai.

Untuk mengatasi masalah ini, Cardano memperkenalkan mekanisme Valuation untuk memfasilitasi transaksi bundel untuk ditambahkan ke buku besar.

Mekanisme ini dirinci sebagai berikut:

Semua nilai tukar dari penjual dipublikasikan secara publik pada daftar Off Chain. Semua pengguna dapat melihatnya.

Contoh daftar publik Off Chain seperti di bawah ini:

+ 1 Sword : 60 ADA

+ 1 Sword  : 50 ADA

+ 1 GameCoin : 1 TERSEDIA

+ 1 Gamecoin: 2 TERSEDIA

…..

Dalam daftar ini, kita dapat melihat bahwa tarifnya berbeda untuk pasangan Token yang sama. Oleh karena itu, pengguna dapat melihat daftar ini dan membuat keputusan nilai tukar yang sesuai. Bagaimana cocok? Penjual pasti ingin menukarkan dengan nilai Token to ADA tertinggi, sementara penerima pelunasan utang ingin menerima transaksi dengan nilai Token to ADA terendah. Oleh karena itu, penjual perlu menawarkan nilai tukar dari level Minimum pada daftar Off Chain atau lebih tinggi, sehingga transaksinya akan dieksekusi.

Pedagang akan membuat penawaran Babel (transaksi terkait hutang) berdasarkan daftar yang diterbitkan Off Chain yang dapat menarik pengguna lain yang bersedia menangani hutang dan menempatkannya secara online. Jika penawaran Babel cukup menarik untuk setidaknya satu pihak tepercaya yang bersedia melunasi hutang mereka, maka transaksi ini akan memenuhi syarat untuk dimasukkan ke dalam blockchain. Penjual akan mempertimbangkan nilai tukar sehingga transaksinya akan ditangani oleh seseorang. Block Producer melihat semua penawaran pedagang di jaringan dan akan memilih transaksi mana yang akan disertakan dalam Mempool-nya. Block Producers akan membuat blok transaksi dengan memilih dari sekumpulan transaksi yang tersedia yang disebut mempool. Mereka akan melunasi hutang dan memasukkan paket yang sudah diproses ke blok. Block Producers akan cenderung memilih transaksi untuk dimasukkan ke dalam mempool mereka yang memaksimalkan keuntungan mereka. Setelah berurusan dengan hutang, selesaikan paketnya, buat blok dengan paket itu dan dapatkan hadiahnya.

Mekanisme charging Babel cukup fleksibel, ada beberapa cara lain untuk menggunakannya.

Pertukaran Atom:

Pertukaran atom memperluas gagasan mekanisme biaya Babel dan menangani berbagai pertukaran, bukan hanya biaya. Dikombinasikan dengan pertukaran atom tidak ada batasan pada jenis Token yang dapat negatif dalam output debit tanpa terbatas pada ADA saja.

Hutang memungkinkan proses kolaboratif membangun pertukaran atom monolitik untuk dipecah menjadi proses dua tahap non-interaktif. Artinya, pengguna hanya perlu mengirimkan transaksi mereka dan tidak perlu melakukan apa-apa lagi. Setiap pengguna kemudian dapat melihat transaksi itu dan menyelesaikan paket. Dan pada akhirnya kita akan memiliki paket yang benar-benar valid setelah proses 2 langkah: membuat penawaran – berurusan dengan hutang.

Mekanisme biaya babel dapat digunakan untuk paket yang tidak dapat dibagi:

Seperti yang kita semua tahu, penawaran Babel dapat menandingi transaksi apa pun yang menerimanya. Namun, dengan mengubah skrip atau tanda tangan kunci dari output yang didebet, pengguna dapat mengontrol jenis transaksi yang digunakan untuk memproses kewajiban tersebut. Ini memungkinkan pengguna untuk membentuk bundel di mana suatu transaksi tidak dapat digantikan oleh transaksi lain. Solusi ini berguna jika, pengguna memiliki skrip yang memerlukan beberapa transaksi untuk menyelesaikan satu langkah dalam program dan mereka tidak menginginkan penggantian apa pun dalam paket itu. Dengan cara ini, mekanisme biaya Babel dapat memperluas banyak aplikasi baru yang nyaman untuk kebutuhan pengguna yang berbeda.

Jadi, melalui 3 bagian mekanisme biaya Babel, kami telah mengeksplorasi isi utama dari mekanisme ini. Jika Anda memiliki informasi lebih lanjut, Anda dapat menambahkannya di komentar di bawah.

– Sumber: Kolektor –

Author: Thomas Bryant